by

Wartawan Dilarang Liput Kedatangan Gubernur Sulsel Di Bandara Toraja

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Kepala Bandar Udara Toraja, Rasidin, dikabarkan melarang para wartawan atau jurnalis masuk ke dalam Bandara Toraja saat kedatangan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Rabu lalu (30/9). Kedatangan orang nomor 1 di Sulsel ini dalam rangka memimpin rapat persiapan peresmian bandara tersebut.

Sejumlah wartawan baik elektronik yakni online maupun cetak saat hendak meliput dihalau petugas Avsec di pintu masuk ruang tunggu bandara. 

“Kalau tidak ada surat izin atau pesan singkat melalui SMS maupun WhatsApp dari Kepala Bandara, wartawan tidak boleh masuk,” ujar seorang dari petugas Avsec. Akibat dilarang, sejumlah jurnalis batal meliput.

Ketua Forum Jurnalis Toraja (FJT), Andika, menyayangkan sikap dan tindakan petugas Bandara Toraja yang melarang wartawan masuk ke dalam ruangan tunggu bandara untuk meliput kegiatan gubernur. 

Padahal, kedatangan Nurdin Abdullah penting diketahui masyarakat. Sebab, kunjungan gubernur ini untuk mengetahui sejauh mana persiapan peresmian bandara oleh Presiden Joko Widodo. 

“Tujuan teman-teman wartawan bukan untuk mengganggu keamanan dan ketertiban di bandara. Kami datang untuk melakukan peliputan sebagai jurnalis. Tugas kami juga dilindungi undang-undang,” ujar Andika.

Selain melarang wartawan, pihak bandara juga tidak menerapkan protokol kesehatan terutama jaga jarak.

Dikonfirmasi, Kepala Bandara Toraja, Rasidin, mengaku kaget adanya larangan terhadap wartawan untuk meliput. “Tidak ada larangan itu. Mungkin hanya miskomunikasi,” ujar Rasidin. (step)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini