by

Bupati Tator Nicodemus Biringkanae Diam-diam Ajukan Pinjaman 100 M Ke Menkeu

TANA TORAJA, AIRTERKINI.COM – Sebelum cuti, terungkap kalau Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae diam-diam mengajukan pinjaman 100 Miliar ke Menteri Keuangan RI Cq. Dirjen Perimbangan Keuangan. Permohonan pinjaman program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) itu tertuang dalam Surat Bupati Tator tanggal 1 September 2020

Hal ini terungkap saat digelar rapat pembahasan perubahan APBD 2020 yang dilakukan anggota Banggar DPRD Tator, pekan lalu. Cara pengajuan pinjaman secara sepihak ini tentu saja mendapat penolakan dari anggota Badan Anggaran DPRD setempat

“Rawan sekali. Surat pengajuan pinjaman sudah di Menteri Keuangan. Tinggal menunggu jawaban,” kata Kristian H.P. Lambe’, Anggota DPRD Tator dari Fraksi Partai Demokrat, kepada Airterkini.com, via handphone, Minggu (4/10).

Dewan, tambah Kristian, berhak menolak pinjaman tersebut. “Pengajuan pinjaman bupati itu harus dicatatkan dalam perubahan APBD 2020,” ungkap Kristian.

Menurut Kristian, seharusnya daerah yang sedang pilkada tidak diperkenankan mengajukan pinjaman. Sebab, bupati yang terpilih nantinya belum tentu searah dengan pengajuan pinjaman tersebut. “Bupati terpilih nantinya belum tentu mau mengajukan pinjaman,” tutur Kristian.

Diketahui, pengajuan pinjaman  itu dimaksudkan untuk menindaklanjuti inisiasi pembangunan infrastruktur prioritas daerah, yakni, penyelesaian gedung kantor pemerintahan satu atap dan pembangunan infrastruktur jalan akses destinasi pariwisata. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini