by

Publik Gelisah Akibat Kinerja Bawaslu Dinilai “Ompong”

AIRTERKINI.COM – Kinerja Bawaslu Tana Toraja disorot sejumlah pihak setelah piralnya istri bupati Tana Toraja, Rosita Napa Biringkanae mengkampanyekan suaminya dengan gaya mengacungkan tangan dua jari sambil berfose di medsos.

Dengan sikap Rosita Napa yang notabenenya ASN dinilai melanggar aturan meski dirinya sudah dinyatakan cuti.

Dalam surat edaran Kemenpan RB tahun 2018 dijelaskan mengenai kedudukan ASN yang cuti untuk mendapingi istri/suami dalam kampanye pilkada tertulis bahwa foto bersama dengan suami atau istrinya yang menjadi calon kepala daerah/wakil kepala daerah namun tidak mengikuti simbol tangan atau gerakan yang digunakan sebagai bentuk berpihakan/dukungan.

Berdasarkan hal tersebut, disejumlah group WhatsApp, publik mendesak pihak Bawaslu Tana Toraja mengambil sikap untuk memproses Rosita Napa.

ketua LSM Forum Komunikasi Tallu Lembangna, Toto Balalembang, mendesak Bawaslu agar benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.

Toto’ Balalembang

“Jika memang melanggar, Bawaslu harus tegas. Jangan terkesan ompong menangani suatu masalah. Bahaya.” kata Toto Balalembang kepada Airterkini via WhatsApp (17/10).

Menurut Toto, mengingat tugas dan tanggung jawab besar yang diemban Bawaslu seyogyanya bekerja optimal demi mencegah terjadinya konflik kepentingan di masyarakat.

“Lebih membahayakan lagi apabila sampai kewenangan yang dimiliki Bawaslu memang sengaja digunakan untuk kepentingan Paslon tertentu” ujarnya.

Jika bawaslu terbukti menyalagunakan kewenangannya maka, Toto Balalembang tidak sungkan membawa persoalan itu ke Bawaslu propinsi maupun Bawaslu RI, bahkan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara pemilihan umum ( DKPP). (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini