by

Pelaku Ilegal Logging Di Torut, Sempat Ditahan Di Polda Sulsel 50 Hari

Kalep Fitur, tahap II Kejari Makale

AIRTERKINI.com – Kalep Fitur (21) warga Toraja Utara sempat ditahan di Polda Sulsel selama 50 hari. Ia ditahan karena tersandung hukum ilegal logging di kecamatan Baruppu, Torut.

Berkas perkara Kalep diserahterimakan dan barang bukti (tahap II) dari penyidik rekrismum Polda Sulsel ke penuntut umum Kejari Makale, kamis, 22 Oktober 2020.

Sebelumnya, Kalep ditangkap oleh Polhut Toraja Utara saat sedang mengangkut kayu papan Cempaka di Kecamatan Baruppu, berapa waktu lalu. Dari hasil pemeriksaan KPH Saddang II Torut, kemudian dilanjutkan di Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sulsel.

“Berdasarkan Berita Acara Pemeriksaan akhirnya tersangka ditahan di Polda Sulsel selama 50 hari” kata Edwin penyidik polri dari Polda Sulsel kepada Airterkini di Kejari Makale (22/10).

Kepada Airterkini, Kalep mengaku kayu tersebut dipesan oleh orang Toraja yang tinggalnya di Papua untuk rumah adat Toraja.

Pelaku dijerat pasal 83 huruf b undang-undang nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pengriusakan hutan Jo pasal 55 ayat 1 dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini