by

Format Resmi Laporkan Dugaan Penyalahguna Anggaran Dana Covid-19 Kab. Tator Ke KPK

AIRTERKINI.com – Selasa, 27 Oktober 2020 badan pengurus Forum Mahasiswa Toraja (Format) resmi melaporkan dugaan peyalahgunaan anggaran dana Covid 19 Kab. Tana Toraja ke KPK dengan nomor surat : 016/EKS/BP-FORMAT/MKS/IX/2020.

Hal ini disampaikan oleh ketua Format, Heriady bersama koordinator kajian isu dan advokasi Antonius Vilto, kepada Airterkini via handphone, (30/10).

Menurut Antonius, pengelolaan anggaran Covid 19 dengan total anggaran sebesar 75 Milliar ini terindikasi terjadi tindak pidana korupsi.

“Bagaimana tidak besarnya anggaran yang dialokasikan oleh pemerintah kabupaten Tana Toraja tidak berbanding lurus dengan implementasi dilapangan yang justru menimbulkan banyak protes dari berbagai kalangan termasuk dari anggota DPRD yang terhormat. Sejak awal kami mengingatkan kepada pemerintah kab. Tana Toraja agar berhati-hati dalam penganggaran dan pengelolaan anggaran covid 19 dengan nilai yang cukup Fantastis ini karena rawan di korupsi untuk kepentingan tertentu” Kata Antonius.

Ia menjelaskan, ada 10 item dugaan temuan yang terindikasi terjadi tindak pidana korupsi yang mereka laporkan. Mulai dari proses pengadaan barang dan jasa yang dinilai tidak transparan dan akuntabel, penggunaan anggaran yang tidak transparan misalnya rincian pengelolaan anggaran yang tidak bisa diuraikan secara rinci dan dipertanggung jawabkan oleh satgas Covid-19, peyaluran bantuan yang tidak merata serta ada dugaan mark-up anggaran dalam pengadan barang dan diduga ada kegiatan Fiktif.

“Kami menduga bahwa ada yang memanfaatkan penggunaan anggaran covid 19 ini untuk kepentingan politik mengingat momentum pilkada akan digelar dalam waktu dekat sebagaimana analisa beberapa lembaga riset pengelolahan anggaran dana covid 19 sangat retan di korupsi untuk kepentingan pemilihan kepala daerah/PILKADA oleh incamben sehingga terlihat jumlah penganggaran dana covid 19 sangat tidak rasional seperti ,misalnya kab. Tana Toraja kan bukan zona merah pemerintah terkesan memanfaatkan situasi pandemi untuk kepentingan tertentu. Secara rinci temuan-temuan ini kami uraikan dalam laporan ke KPK” Ungkap ketua Format.

Data temuan dugaan penyelewengan anggaran covid 19 yang dilaporkan Format bersumber dari investigasi langsung dilapangan dan beberapa laporan masyarakat serta pemberintaan media.

“Ini sebagai bentuk komitmen kami dari forum mahasiswa Toraja dalam mengawal penggunaan anggaran covid 19 di kab. Tana Toraja. Oleh karena itu kami percayakan kepada lembaga KPK untuk proses hukum lebih lanjut dan berharap agar segera turun langsung melakukan peyelidikan terkait dugaan yang kami laporkan” tegas Antonius. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini