by

Wisata Pango-Pango Di Toraja Kini Terlihat Kumuh

AIRTERKINI.com – Pango-pango adalah salah satu keunggulan destinasi wisata masyarakat Tana Toraja. Begitupun pemerintah daerah itu sendiri. Oleh sebab itu Pango-pango butuh perhatian khusus guna memancing wisatawan untuk berkunjung.

Kini wisata Pango-pango terlihat tak terurus lagi. Sampah bertumpuk dan berserakan dimana-mana.

Paling mencolok, kios-kios yang sebelumnya tertata rapi dan enak dipandang, kini terlihat kumuh. Warna-warni tarpal sangat menggangu pemandangan wisatawan.

Iin, salah satu pengunjung mengaku keduakalinya menginjakkan kaki di Pango-pango. Ia kecewa dengan keadaan sekarang.

“Jujur tidak kayak dulu lagi. Dulu benar-benar kita puas menikmati keindahan Pango-pango. Sekarang, merasa rugi dibandingkan dengan perjalanan jauh kami ke sini” Kesal Iin, warga Toraja Utara yang selama ini merantau di Papua. Kekesalan ini muncul saat ditanya wartawan (25/11).

Ia tak lupa menyampaikan pesan, agar wisata pango-pango itu betul-betul dijaga dengan baik. “Pariwisata adalah keunggulan kita. Kita tidak punya perusahaan seperti daerah lain. Yang kita harapkan adalah pariwisata. Sekarang bandara sudah ada. Apalagi” Pesan Iin.

Dia tak luput berterimakasih kepada pemerintah, akses menuju Wisata Pango-pango sudah bagus karena adanya pengaspalan baru. Hal itu membuat pengendara nyaman, dan cepat sampai dilokasi.

Sementara, ketua Forum Pemerhati Budaya Tana Toraja, Sismay Eliata Tulungallo atau Papa Era, mengaku prihatin jika budaya dan pariwisata Tana Toraja tidak diperhatikan.

“Perlu kita pahami, Bandara Toraja ada karena budaya, pariwisata, dan kearifan lokal kita. Oleh sebab itu mari kita jaga sama-sama” Ujarnya. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini