by

Ketua KPU Torut Sebut Tata Cara Pemilihan di TPS

Ketua KPU Torut, Bonnie Freedom

AIRTERKINI.com – Meski ditengah pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap menyelenggarakan pilkada 2020.

KPU Toraja Utara misalnya, 9 Desember 2020, akan menyelenggarakan pemilihan bupati dan wakil bupati.

Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom mengungkapkan dipilkada 2020 berbeda dengan pemilihan-pemilihan sebelumnya karena covid-19.

“Pada pemilihan sebelumnya itu tidak pernah kita ketahui. Misalnya, pemilih itu diberi sarung tangan, kemudian diukur suhu tubuhnya. Jika suhu tubuhnya melebihi 37,3 derajat celcius, maka ada bilik khusus disiapkan di luar TPS. Bukan didalam. Petugas yang melayani mereka adalah petugas KPPS. KPPS pun tidak sembarang memakai baju karena ada baju hazmat digunakan dan memakai APD masker dan sebagainya “Jelas Freedom, dalam kegiatan dinas Kesbangpol Toraja Utara, di Kantor Bupati Torut, Marante, (5/12).

Kemudian, pemilih diwajibkan menggunakan masker medis.” Tidak diperbolehkan lagi memakai masker bersimbol nama dan nomor calon” ujarnya.

Selanjutnya, setiap TPS akan disemprot disinfektan secara berkala. dan, lanjut Freedom, pemilih tak diperbolehkan mencelup jari tangan kedalam tempat tinta, tetapi menunggu diteteskan oleh petugas TPS.

“Ukuran TPS pun berubah, tak Seperti sebelmnya. TPS sekarang agak besar dengan ukuran 8 X 10 Meter” tutur Freedom.

Komisioner KPU Tana Toraja, Elis B. Manggesa.

Hal senada disampaikan oleh komesioner KPU Tana Toraja, Elis B. Manggesa, saat rapat koordinasi dengan Bawaslu Tana Toraja.

Elis hanya menambahkan ada tiga jenis pemilih yakni pemilih yang terdaftar di DPT, pemilih pindahan dan pemilih tambahan. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini