by

Data Penerima BPNT Kacau Balau

Penyaluran BPNT kepada KPM bersama Pendamping

AIRTERKINI.COM – Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) masih menyisakan catatan yang harus diperbaiki. Pasalnya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kadang luput dari daftar penerima.

Hal tersebut terungkap saat KPM inisial S dan P curhat kepada Jurnalis. “Selama ini saya dapatkan. Untuk bulan ini saya bawa kartu ke e-worung tapi saldonya tidak ada. Biasanya setiap bulan terisi Rp 200.000” jelas S kepada Airterkini, Jumat, (15/01/2021).

Dikonfirmasi, koordinator pendamping Torut, Aksa Sugiarto mengakui persoalan tersebut. “iya sering terjadi, pernah daftar KPM sampai 22.000 orang, untuk bulan Desember 18.000 orang saja. Itu karena data dari kementrian” ungkap Aksa.

Sementara pemasok sembako BPNT Torut, Titin, menampik soal data KPM. “Soal data penerima bantuan itu bukan rana kami. Kami hanya mengurusi pengadaan paket sembako berdasarkan nilai uang” tutur Batara.

Ditanya soal anggaran sembako berupa beras, telur, dan ikan kaleng, ia merincikannya. ” Setiap KPM mendapatkan beras premium 12 kg, 10 butir telur ras dan 4 ikan kaleng. 1 kg beras Rp 12.600. dan telur 1 butir Rp 1.700 sedangkan 1 ikan kaleng Rp 8.000. totalnya itu Rp 200.200.” katanya.

Ia menambahkan, berdasarkan petunjuk Tim Koordinasi dari provinsi, untuk tahun 2021, PKM hanya mendapatkan 2 paket sembako yakni 12 kg beras premium dan 1 rak telur ras. (gis).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini