by

KPU Tetapkan Ombas – Dedy Paslon Terpilih Bupati Torut

AIRTERKINI.COM – Melalui rapat pleno terbuka, KPU menetapkan pasangan calon, Yohanis Bassang, S.E., M.S.i – Frederik V. Palimbong, S.T. sebagai Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara terpilih di pilkada 2020.

Sebagai nomor urut 2, Yoanis Bassang – Frederik Palimbong meraih suara terbanyak 60.614 ( Enam puluh ribu enam ratus empat belas) atau 44,17 % suara. Partai pengusung pasangan tersebut adalah Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Demokrat.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom dan sejumlah komisionernya yakni Jan Hery Pakan, Roy Pole Pasalli, Simeon Sarira, Anshar Tangkesalu di Hotel heritage, Sabtu, (23/01/2021).

“Berdasarkan hasil BLPK dari MK, tidak ada gugatan di pilkada Toraja Utara 2020 sehingga dipastikan hari ini KPU melakukan penetapan pasangan calon terpilih” kata Bonnie Freedom.

Turut hadir dan menyaksikan proses penetapan bupati dan wakil bupati Toraja Utara yakni forkofimda Toraja Utara, Para partai pengusung, Bawaslu Toraja Utara, Gakumdu, dan sejumlah SKPD Toraja Utara.

Dalam sambutannya, bupati terpilih Toraja Utara, Yohanis Bassang, menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara pilkada 2020, bisa berjalan aman dan damai.

“Ini merupakan sejarah kedua di Toraja Utara. Dimana Pilkada sebelmnya dan tahun ini tidak ada gugatan. Itu berarti tingkat kedewasaan politik sudah jauh lebih tinggi. Pendidikan politik masyarakat jauh meningkat” kata Yohanis Bassang atau sering disapa Ombas.

Dalam pidato politiknya, Ombas menyampaikan, setelah dilantik, perlu adanya revolusi mental. “Setelah saya melihat ditengah-tegah para ASN, kita bukan hanya untuk dilayani tapi kita hadir untuk melayani”.

Ia pun menyoroti kebijakan pemerintahan Kala’tiku Paembonan – Yosia Rinto. “Ini perlu saya sampaikan, setelah itu (red- pelantikan) kita akan melakukan perampingan organisasi. Terlalu gemuk dan terlalu menyedot anggaran begitu besar” (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini