by

Legislator Demokrat Kritik KPU Soal Masa Bakti Bupati-Wabup Tator Terpilih

Kristian HP Lambe bersama wakil bupati Tana Toraja terpilih, dr.Zadrak Tombeq,

AIRTERKINI.COM – MAKALE – Fraksi Demokrat Tana Toraja mengkritik komisi pemilihan umum (KPU) karena dinilai tak menjelaskan masa bakti Bupati-Wakil Bupati Tana Toraja terpilih.

Kritikan tersebut dilayangkan oleh anggota DPRD Tana Toraja, Kristian HP Lambe, saat agenda penetapan bupati-wabup terpilih dan pemberhentian bupati-wabup periode 2016-2021 dalam Rapat Paripurna Istimewa di gedung DPRD Tana Toraja, Rabu (27/01/2021).

Ditempat terpisah, Kristian mengatakan, KPU mestinya menyampaikan masa bakti bupati dan wakil bupati terpilih.” Tidak ada kepastian dari KPU. Kapan dimulai dan kapan berakhir masa jabatan bupati dan wakil bupati terpilih,” kata Kristian di ruang kerjanya, DPRD Tana Toraja, (28/01/2021).

“Kami sudah tanyakan ke Ketua KPU, tapi katanya belum ada petunjuk dan aturan yang diterbitkan oleh pemerintah pusat terkait hal itu. Jika tidak ada aturan baru, kenapa tidak mengikuti undang-undang yang lama saja, yakni masa periode 5 tahun, supaya jelas dan publik tidak dibingungkan,” bebernya.

Ia juga menyoroti ketidak hadiran dua paslon lain yakni pasangan nomor urut 2, Nicodemus Biringkanae – Victor Datuan Batara dan pasangan nomor urut 3, Albertus Patarru’ – Jhon Diplomasi, di rapat paripurna tersebut.

“Ini juga yang tak jelas, apakah KPU mengundang atau undangannya tidak sampai,” ungkap Kristian.

Ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa

Sementara ketua KPU Tana Toraja, Rizal Randa, menanggapi santai hal itu. “Kehadiran KPU hanya sebatas menyampaikan dokumen SKN dan BA penetapan calon terpilih. Soal periodesasi jelas di undang2 pilkada no.10 thn 2016 psl 248 bupati dan wakil terpilih hasil pemikihan 2020 akan berakhir masa jabatannya pd thn 2024” jelas Rizal via WhatsApp, (28/01/2021).

Soal ketidak hadiran dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati di rapat paripurna, Rizal menyebut, bukan kapasitas KPU melainkan DPRD. “Paripurna kemarin bukan gawenya kpu tpi DPRD yg berhak mengundang mereka” katanya. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini