by

Tanah Diatas Bagunan Kantor Camat Sangalla’ Diklaim Milik Tongkonan Rante dan Banua Kasalle

AIRTERKINI.COM – Spanduk berukuran 2 x 1 meter bertuliskan ” Tanah ini milik Tongkonan Rante & Tongkonan Banua Kasalle” di pelataran kantor camat Sangalla’, kantor Lembang Bullean Massa’bu dan kantor BPP pertanian Tana Toraja menyita perhatian masyarakat setempat dan orang yang melintas di wilayah itu.

Tak seperti biasanya, kantor-kantor tersebut selama ini tertata rapi, kini jadi kelihatan tak tertata lagi.

Menurut narasumber perwakilan dari Tongkonan Rante, Puang Marthen Rante Sambolinggi’ mengatakan, Spanduk tersebut terpasang dengan maksud tanah diatas bagunana kantor camat Sangalla’, kantor Lembang Bullean Massa’bu dan kantor penyuluh pertanian diklaim sebagai milik Tongkonan Rante.

“Berdirinya kantor itu tanpa sepengetahuan kami. Sampai sekarang kami cari tau siapa yang hibahkan. Jadi kami mau pake tanah kami” kata Puang Marthen Sambolinggi’ via handphone, Rabu (24/02/2021).

Hal yang sama disampaikan oleh perwakilan dari Banua Kasalle, Bau, Sangalla’, Anthon Patongloan atau sering disapa Papa Kalvin.

Menurutnya, sejarah tanah diatas kantor tersebut, sejak tahun 1965 dijadikan kebunnya.

“Tahun 1965 tanah itu saya jadikan kebun. Berapa tahun kemudian, bicara secara kekeluargaan, puang Popang Sambolinggi ‘dengan’ Ne ‘Parengge’. Kala itu dijadikan lapangan SD. Singkat cerita tidak ada interaksi pemerintah sampai ada kantor pemerintahan disitu”, Tutur Papa Kalvin.

Dia menambahkan, adanya diatas spanduk tersebut dengan tujuan bahwa tanah kantor camat, Lembang dan kantor pertanian akan dialih fungsikan. “Karena itu tanah milik Banua Kasalle, jadi kami mau pake” tambahnya lagi

Dia pun mengakui telah melayangkan surat pemberitahuan kepada pemerintah daerah Tana Toraja. Adapun isi surat tersebut menyatakan bahwa tanah bangunan kantor kecamatan Sangalla’, Kantor Lembang Bullean Massa’bu, kantor BPP dan Poskesdes di To’ Pana’pana ‘adalah hak milik dari Tongkonan Rante, dan Tongkonan Banua kasalle.

Surat tersebut ditandatangani atas nama Marthen Rante Sambolinggi’ dan Anthon Patongloan, tertanggal 17 Februari 2021.

Sementara PLH Bupati Tana Toraja, Dr. Ir Samuel Tande Bura, M.M., tak banyak komentar. ” Terkait aset tentu BPKAD dan Bagian Hukum cek dokumen yg ada. Sy tggu info dari BPKAD dan bagian hukum dulu” kata Samuel via WhatsApp kepada airterkini.com,(19/02/2021).

Diketahui, Spanduk yang bertuliskan milik Tongkonan Rante dan Tongkonan Banua Kasalle berdiri sejak tanggal 13 February 2021. “Tanggal 11 February, Spanduk itu belum ada. Tanggal 12 kan hari raya, kami masuk tanggal 13, spanduk sudah demikian. Soal siapa yang pasang spanduk itu kami tidak tau” kata salah satu staf kantor kecamatan Sangalla’. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini