by

Format Desak Kejati Sulsel Usut Tuntas Kasus Korupsi Di Tana Toraja

AIRTERKINI.COM – Selasa, 23 Maret 2021, Badan Pengurus Forum Mahasiswa Toraja (FORMAT) Makassar, kembali mendatangi kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan.

Kedatangan Mereka tersebut untuk mendesak kejaksaan tinggi Sulsel agar tuntaskan kasus dugaan korupsi yang sementara bergulir.

“Kami mendesak kejati sulsel dan kejari Makale untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi yang sementara bergulir” tegas ketua Format, Heriadi kepada airterkini.com, via handphone, (24/3/2021).

Menurut Heriadi, kasus dugaan korupsi yang dimaksud yakni kasus dugaan korupsi Hutan Mapongka dan kasus dugaan korupsi pembebasan lahan Bandara Buntu Kuni (KKB), serta beberapa kasus dugaan korupsi lainnya.

Kedatangan sejumlah perwakilan Format di Kejati Sulsel diterima langsung oleh Asintel Kejati Sulsel, Gatot Iriyanto S.H dan Kasipenkum , Idil S.H.

Dihadapannya, perwakilan Format menyampaikan kekecewaannya karena proses penanganan hukum kasus dugaan Korupsi di Tana Toraja terkesan lambat dan diduga adanya kongkalingkong.

“kasus dana SIAK misalnya, sudah bergulir di Kejaksaan negeri Makale kurang lebih 4 tahun lamanya dan sudah periksa ratusan saksi yang diduga turut menerima aliran dana SIAK, namun sampai hari ini belum ada 1 (satu) orang pun yang ditetapkan sebagai tersangka.” ungkap Heriadi.

Ironisnya, lanjut Heriadi, kasus penaganan dana SIAK, malah tumpang tindih.
“Kok Kejaksaan Negeri Makale tiba-tiba mengumumkan bahwa kasus penaganan SIAK telah selesai dan sudah diserahkan ke Inspektorat. Jelas mengundang banyak pertanyaan, kenapa diserahkan lagi ke inspektorat, dasar hukumnya apa?” tanya Heriadi.

“Dalam KUHAP dan UU No.20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No.31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.” jelas Heriadi.

Menurut Heriadi, tak ada alasan dan dasar kasus dugaan korupsi dana SIAK dihentikan. apalagi, lanjut dia, prosesnya sudah berlarut-larut di tahap penyidikan.

Pihaknya berharap, kejaksaan Negeri Makale sebagai lembaga Hukum harus objektif dan konsisten dalam menegakkan hukum. (gis)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terkini